Senin, 31 Januari 2011

Apa itu Netlabel?


Salah satu media bagi band-band indie yang ingin menunjukkan hasil karyanya/lagu-lagunya baik dalam bentuk EP,Mini album,Album kompilasi,bahkan album tunggal dari sebuah band yang ingin diproduksi secara massal melalui media internet yang kita sebut download yaitu Netlabel.
Mungkin itu tadi sedikit fungsi dari apa yang kita sebut net label. Baiklah kita akan sedikit memahami apa itu dari netlabel. Jika kita coba cari di search engine dengan mengetik netlabel maka akan banyak sekali muncul situs -situs dari net label lokal maupun internasional. Dan menurut wikipedia sendiri netlabel adalah sebuah label rekaman yang mendistribusikan musik melalui format audio digital (seperti MP3, Ogg Vorbis, FLAC, atau WAV) melalui Internet. Sementara itu netlabel lokal biasanya lebih menekankan pada distribusi online dengan gratis,oleh sebab itu netlabel juga berusaha memberikan perlindungan hak cipta bagi band - band indie yang mereka naungi,karena sangat rentan sekali terjadi pembajakan atau plagiat terhadap karya/lagu dari band indie yang di-share melalui internet.
Dan sejarah net label sendiri di Indonesiakan telah diceritakan oleh Yes No Wave( salah satu pelopor netlabel di Indonesia) di situs resminya. Dan menurut mereka seperti inilah sejarah net label di Indonesia. Fenomena netlabel di Indonesia diawali secara luas oleh Yes No Wave pada tahun 2007,namun eksistensinya mulai terlacak ditandai oleh munculnya Tsefula/Tsefulha records pada tahun 2004 sebagai self released label dari salah satu band indie rock pada masa tersebut. Lalu sekitar tahun 2008 - 2010 sudah mulai banyak netlabel yang lahir seperti hujan! rekords,invasi records,inmyroom records,dan lain-lain. Popularitas netlabel di Indonesia juga tidak lepas dari peran media massa yang pernah menulis tentang netlabel,yaitu majalah "Rolling Stone Indonesia"
Itulah sedikit sejarah yang diceritakan Yes No Wave. Dan di awal tahun 2011 netlabel-netlabel di Indonesia bersatu untuk mengkampanyekan netlabel secara besar-besaran yaitu Yes No Wave,Hujan! Rekords,In myroom Records,Stone Age Records,Mind Blassing,terbukti dengan munculnya 5 kompilasi yang dilaunching pada awal tahun secara serentak ini,dan kompilasi ini bisa didownload secara free di masing-masing situs netlabel-netlabel yang bekerja sama tersebut.
Dan sepertinya di tahun 2011 ini netlabel akan mendapatkan peran pentingnya kembali dalam memajukan musik indie tanah air. Dan band-band indie sepertinya mulai menemukan tempatnya untuk mengekspose karya/secara luas melalui netlabel.

Ditulis oleh Ragil Herlambang
Rujukan : wikipedia.org | yesnowave.com


Music Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar